0%
Still working...

Fakta Ilmiah Tentang Sedekah

Fakta dibalik sedekah yang harus kita ketahui,dalam semua agama pasti diajarkan untuk selalu menebar kebaikan kepada sesama manusia. Tidak terkecuali dalam agama Islam. Agama ini mengajarkan para umatnya untuk beramal dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan bersedekah. Bahkan dalam ayat suci Al-Quran disebutkan bahwa Allah SWT akan mengembalikan sedekahmu berkali-kali lipat. Menariknya lagi kegiatan bersedekah ini sudah dibuktikan secara ilmiah. Penasaran?

Apakah kamu tahu Bill Gates yang merupakan pendiri Microsoft? Sejak menyumbangkan sebagian kekayaannya, yakni sekitar US$ 26 miliar, ia terus mendapatkan keuntungan berlipat yang meningkat setiap tahunnya. Jika dilihat dari kacamata agama, sudah pasti hal tersebut terjadi akibat adanya hubungan timbal-balik dari perbuatan yang kita lakukan. Nah, tentu berbeda jika kita menjelaskannya dari perspektif ilmiah. Jadi, simak penjelasan mengenai fakta ilmiah sedekah yang harus kamu ketahui di bawah ini, ya.

1. Orang yang Ingin Kaya akan Semakin Banyak Bersedekah

Kok bisa? Berdasarkan hasil penelitian dari Yale University dan Harvard Business School, disebutkan bahwa secara psikologis perilaku bersedekah membuat seseorang merasa lebih kaya dari apa yang mereka miliki. Jadi, semakin ia ingin kaya, maka akan semakin memperbanyak sedekah.

2. Meningkatkan Produktivitas dan Kebahagiaan

Ternyata bersedekah dapat memenuhi kebutuhan batin. Hal ini juga berhubungan dengan tingkat kebahagiaan seseorang yang dapat dikaitkan dengan meningkatnya produktivitas. Apabila seseorang tersebut melakukan kegiatan yang produktif, maka akan besar kemungkinannya untuk menjadi lebih kaya.

3. Menurunkan Tingkat Stres

Secara ilmiah, bersedekah dapat menurunkan tingkat stres sehingga seseorang dapat lebih produktif dan juga sukses. Orang yang bahagia tentu memiliki kesehatan dan kesuksesan yang lebih tinggi. Jadi, dengan beramal kamu tidak hanya sekadar berbagi, tetapi juga mendapatkan keuntungan lain yang dirasakan oleh tubuh.

4. Merangsang Otak untuk Memenuhi Kebutuhan Dasar

Saat kebutuhan dasar seseorang terpenuhi, maka orang tersebut akan lebih produktif. Hal ini karena mereka memiliki kemampuan yang lebih baik saat mengambil keputusan, termasuk saat harus memprioritaskan kebutuhan dasar. Jadi, tidak heran jika bersedekah disebut mampu merubah sisi psikologis seseorang.

5. Dapat Merangsang Empati dan Kasih Sayang

Dengan kamu bersedekah, maka secara tidak langsung kamu memiliki empati yang tinggi terhadap sesama. Hal inilah yang membuat orang lain menjadi tertarik dan mengakui kualitas dalam diri kamu. Tentu saja hal tersebut membuat kamu menjadi pribadi yang lebih percaya diri.

6. Memperluas Jaringan Pertemanan

Meskipun tujuan bersedekah adalah untuk membantu orang lain yang kurang mampu. Namun, ternyata bersedekah juga memberikan dampak finansial. Orang lain yang mengetahui kebiasaan baikmu akan merasa senang bergaul maupun menjalin bisnis bersama. Jadi, secara tidak langsung dengan bersedekah, relasi pertemanan akan semakin luas.


Mari kita bersedekah…Yuuk dukung program-program sosial kami  : https://donasi.ydscimahi.com/yds-cimahi-versi-mobile/

Recommended Posts