Yuk kita titipkan hewan qurban di YDS Cimahi

Menurut NU Online, untuk mendapat hewan ternak yang sehat dengan kondisi baik, pembeli harus melihat langsung lalu memilih sendiri.

Selain itu, jangan mau apabila hanya diberi oleh penjual tanpa mengetahui keadaan hewan yang sesungguhnya. Ciri-ciri yang perlu ketahui, di antaranya:

1. Tidak Dikebiri
Apabila Anda membeli hewan kurban jantan, pastikan bahwa testisnya masih lengkap dan bentuknya simetris. Begitupun dengan jenis hewan betina.

2. Tidak Cacat Fisik
Ciri-ciri hewan kurban baik yaitu tidak ada cacat fisik, seperti kakinya sempurna, lincah, telinga lengkap, kulitnya bersih, bulunya mengilap, serta giginya sudah tumbuh sempurna.

3. Wajahnya Cerah
Baik hewan jantan atau betina, perhatikan bentuk wajahnya. Hewan kurban yang sehat umumnya berwajah cerah, licin dalam arti segar dan tidak pucat.

4. Usia Hewan
Usia hewan juga perlu diperhitungkan. Untuk kambing, usia idealnya lebih dari satu tahun, sapi lebih dari dua tahun, dan unta lima atau enam tahun.

5. Kondisi Tubuh
Selain itu, kenali kondisi tubuh hewan ternak dalam keadaan sehat. Nafsu makan normal, suhu tubuh sekitar 39-40 derajat Celcius, tinja dan urine normal, lubang kumlah seperti hidung, telinga, anus, kelamin terlihat bersih.

Ciri-ciri Hewan Kurban Tidak Sehat
Tidak hanya kondisi hewan kurban yang baik dan sehat, Anda pun perlu tahu mengenai ciri-ciri hewan sakit atau terkena penyakit antraks.

  • Bulunya kotor
  • Kulit hewan kusam
  • Gerakannya tidak lincah atau lemas
  • Napasnya sesak
  • Lubang kumlah keluar darah hitam. Jika terjadi seperti ini mengindikasikan┬ákondisi hewan sakit parah.
  • Suhu badan melebihi 40 derajat Celcius
  • Tinja dan urine hewan berwarna kemerahan

Mari Kita Tunaikan Qurban Melalui Yayasan Dulur Salembur Cimahi

Selengkapnya kontak kami Klik Chat WA

Leave A Comment

Recommended Posts